Ruang Lingkup Pekerjaan Departemen Kantor Depan hotel (Front
Office Department)
Peranan dan fungsi
utama dari bagian Kantor Depan Hotel adalah, menjual (dalam arti menyewakan) kamar
kepada para tamu. Oleh karena fungsinya itu, maka lokasi atau letak Kantor
Depan Hotel seharusnya berada di tempat yang dilihat atau diketahui oleh tamu.
Untuk membantu pelaksanaan fungsi bagian Kantor Depan Hotel terbagi menjadi
beberapa sub-bagian yang masing-masing sub-bagian memiliki fungsi pelayanan
yang berbeda.
Adapun sub-bagian yang terdapat di Kantor Depan Hotel (Front
Office) sebagai berikut :
1. Bagian
pelayanan Pesanan Kamar (Reservation Section).
2. Bagian
pelayanan Penerima Tamu (Reception Section).
3. Bagian
pelayanan Uniform (Uniform Section).
4. Bagian
pelayanan Informasi (Information Section).
5. Bagian
pelayanan Telepon (Telephone Section).
6. Kasir
Kantor Depan Hotel (Front Office Cashier).
Untuk lebih jelasnya, dibawah ini disajikan Struktur
Organisasi Kantor Depan Hotel (Front Office Organization) untuk hotel
menengah sampai dengan besar, sebagai berikut:
Gambar 1.2: Struktur organisasi Kantor
Depan Hotel (Front Office).
Situasi Kantor Depan Hotel (Front Office Department)
Sub-sub bagian
Kantor Depan Hotel, selanjutnya dijelaskan hanya untuk mendapatkan gambaran
umum peranan dan fungsi dan masing-masing subbagian tersebut.
Telah diketahui bahwa fungsi utama bagian Kantor Depan
Hotel (Front Office Department) adalah menjual (menyewakan) kamar kepada
tamu. Oleh karena fungsinya itu, Kantor Depan Hotel (Front Office Department)
seharusnya berlokasi di tempat yang mudah diketahui/dilihat oleh tamu.
Lokasi bagian Kantor Depan Hotel (Front Office
Department) pada umumnya terletak di ruang depan hotel. Oleh sebab itu,
lokasi Kantor Depan Hotel (Front Office Department) harus strategis,
menyatu dengan ruang tunggu atau lobby dan biasanya berhadapan atau berdekatan
dengan pintu masuk serta jalan menuju ke kamar-kamar, restoran, ruang pertemuan
dan sebagainya. Pada gambar 1.2 dapat dilihat lokasi masing-masing sub-bagian
dan Kantor Depan Hotel (Front Office Department), sebagai berikut:
Gambar 1.3: Bagian Kantor Depan Hotel (Front Office Department).
Proses pelaksanaan
tugas pekerjaan untuk masing-masing sub-bagian, akan diuraikan dalam uraian
berikutnya, dan untuk jelasnya akan diuraikan pada berikut ini:
Bagian Pelayanan Pesanan Kamar (Reservation
Section).
Pelayanan pemesanan kamar dilakukan oleh bagian Pesanan
Kamar (Reservation Section), bagian ini yang pertama dihubungi oleh tamu
tersebut datang menginap di hotel. Memesan kamar lebih dahulu sering dilakukan
oleh tamu yang akan menginap untuk memastikan apakah kamar yang dikehendaki oleh
tamu masih tersedia atau tidak. Adapun ruang lingkup kegiatan operasional bagian
pelayanan Pesanan Kamar (Reservation Section) meliputi:
v Melayani seluruh pemesanan kamar hotel dari berbagai sumber dan cara
pemesanan.
v Melaksanakan proses pekerjaan kamar termasuk memberikan konfirmasi kamar.
v Mempersiapkan pesanan kamar sesuai dengan tanggal, bulan, kedatangan
tamu.
v Melakukan kontrol situasi jumlah dan jenis kamar yang terjual dan
yang belum terjual.
Bagian Pelayanan Penerima Tamu (Reception Section)
Bagian Penerima Tamu (Reception Section) adalah
bagian yang melakukan pendaftaran semua tamu yang datang untuk menginap di
hotel. Adapun ruang lingkup tugas bagian penerima tamu meliputi:
v Melayani penerimaan kedatangan tamu perorangan, rombongan dan tamu-tamu
penting (VIP).
v Melaksanakan pendaftaran tamu-tamu yang menginap.
v Memberikan penjelasan tentang fasilitas kamar bila diminta oleh
tamu.
v Menangani proses keberangkatan tamu.
v Menyiapkan/membuat laporan penjualan kamar.
v Pengarsipan, termasuk tentang suka duka (menangani keluhan-keluhan)
tamu tersebut selama menginap di hotel yang akan digunakan sebagai Evaluation
feedback, Guest record/history.
Bagian Pelayanan Penanganan Barang Tamu (Uniform Section)
Bagian penanganan barang-barang Tamu disebut Uniform
Section adalah salah satu bagian yang mempunyai tugas sebagai berikut:
v Menangani barang-barang bawaan tamu pada saat tamu datang (check
in).
v Menangani penitipan barang/kopor tamu.
v Memberikan pelayanan informasi yang diminta oleh tamu.
v Menjemput dan mengantarkan tamu pada waktu datang dan berangkat.
v Menunjukkan/mengantar tamu menuju bagian penerima tamu (Reception
Section) untuk registrasi, mengantar tamu menuju ke kamar.
Bagian Pelayanan Informasi (Information Section)
Bagian informasi bertugas memberikan
penjelasan-penjelasan tentang sesuatu yang diperlukan oleh tamu, baik tamu yang
menginap di hotel maupun yang tidak menginap di hotel.
Adapun penjelasan-penjelasan yang diberikan misalnya,
tentang fasilitas-fasilitas yang terdapat di hotel; tempat-tempat berbelanja
dan acara-acara hiburan di kota dan sebagainya.
Bagian Pelayanan Telepon (Telephone Section)
Bagian telepon terutama, telepon operator mempunyai
tugas antar lain ialah:
v Melayani permintaan sambungan telepon, baik yang bersifat lokal,
interlokal, nasional maupun internasional.
v Melayani informasi hotel melalui telepon dari luar, serta keterangan
lain tentang situasi luar dan dalam hotel.
v Menghitung biaya telepon, terutama untuk pemakaian sehari-hari yang dipisahkan
untuk kepentingan hotel dan kepentingan tamu.
v Melayani permintaan tamu untuk membangunkan pagi hari dengan bekerja
sama dengan bagian informasi.
kasir Kantor Depan Hotel (Front Office Cashier)
Bagian pembayaran kwitansi/bon tamu (Guest bill)
dipersiapkan oleh Kasir Kantor Depan Hotel (Front Office Cashier). Dalam
operasinya, secara struktur organisatoris berada dibawah Kantor Depan Hotel (Front
Office), tetapi berkaitan dengan tugas dan tanggungjawabnya berada dibawah
Departemen Akunting (Accounting Department). Adapun tugas dan
tanggungjawabnya ialah:
v Untuk melayani tamu-tamu, petugas kasir harus menyiapkan kwitansi-kwitansi
tamu yang akan check out pada hari ini.
v Menerima pembayaran tamu, baik pembayaran secara kontan ataupun
kredit (cash/credit).
v Melaksanakan penyimpanan dengan baik terutama yang berkaitan dengan
seluruh kwitansi-kwitansi tamu yang akan dilaporkan.
Ruang Lingkup Pekerjaan Departemen Tata Graha (Housekeeping
Department).
Bagian Tata Graha (Housekeeping)
adalah bagian yang cukup vital dalam memberikan pelayanan kepada para tamu
hotel, terutama yang menyangkut pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruangan
hotel. Dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pelayanan kenyamanan dan
kebersihan ruangan hotel, bagian Tata Graha (Housekeeping Department) harus
melakukan kerjasama dengan bagian-bagian lainnya yang terdapat di hotel,
seperti: bagian Kantor Depan Hotel (Front Office Department), bagian
Makanan dan Minuman (Food and Beverage Department), bagian Engineering
Department, bagian Akunting, BagianPersonel.
Tanggungjawab bagian Tata Graha (Housekeeping
Department) dapat dikatakan dimulai dari pengurusan tentang bahan-bahan
yang terbuat dari kain seperti taplak meja (table cloth), sprei, sarung
bantal, gorden, menjaga kerapihan dan kebersihan ruangan beserta
perlengkapannya, sampai pada program pengadaan/ penggantian peralatan dan
perlengkapan, serta pemeliharaan seluruh ruangan hotel. Selanjutnya yang
dimaksud dengan ruangan hotel terdiri dari kamar-kamar tamu, ruang rapat,
ruangan umum seperti: lobby, corridor, restoran yang kesemuanya itu
disebut juga sebagai front-of-the house. Di samping itu, bagian Tata Graha
juga bertanggungjawab terhadap kebersihan dan ketrampilan ruangan belakang (back
of-the house) seperti: ruangan dapur, ruangan makan karyawan, ruangan ganti
pakaian karyawan, ruangan perkantoran dan sebagainya.
Berkaitan dengan peranan dan fungsi bagian Tata Graha (Housekeeping
Department) tersebut, maka para karyawan bagian Tata Graha (Housekeeping
Department) tersebut dituntut untuk memiliki perilaku, pengetahuan dan ketrampilan
tentang bagaimana seharusnya menjaga kebersihan, kerapihan ruangan-ruangan
hotel dengan menggunakan teknik dan prosedur serta peralatan yang benar. Dengan
demikian dapat menjamin kualitas pelayanan yang sesuai dengan keinginan tamu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar